Sabtu, 14 Mei 2011

Kiat marketing

pemasar sosial pertama kali sering merasa kewalahan oleh riset pasar yang ketat proses yang mereka lihat dalam program-program skala besar lainnya. Mereka mungkin ragu-ragu untuk menggabungkan kegiatan pemasaran sosial dalam program mereka sendiri, tidak yakin apakah mereka memiliki sumber daya dan keahlian untuk melakukan proyek semacam itu. Sepuluh tips berikut ini dirancang untuk membantu mereka yang baru ke lapangan untuk memahami prinsip-prinsip dasar pemasaran sosial, dengan saran-saran praktis tentang bagaimana menerapkan konsep-konsep ini dalam setiap jenis program.

1. Berbicara dengan pelanggan Anda.
Kunci untuk pemasaran sosial yang efektif adalah berbicara (dan mendengarkan!) Kepada orang-orang Anda mencoba untuk mencapai pemasaran sosial adalah suatu proses. Semua aspek dari program Anda harus dikembangkan dengan keinginan dan kebutuhan kelompok sasaran sebagai titik sentral. Dalam rangka untuk mempelajari apa yang pelanggan Anda inginkan, Anda harus bertanya kepada mereka!
Sebuah kecerdikan kecil mungkin diperlukan untuk menemukan cara-cara murah dan mudah mengumpulkan informasi. Ini mungkin yang sederhana seperti pergi ke tempat orang dan berbicara dengan mereka. Misalnya, duduk di ruang tunggu dan berbicara dengan orang yang menunggu untuk menggunakan jasa Anda. Pergi ke mal setempat untuk berbicara dengan remaja berkumpul di sana. Pergi ke laundromat dan berbicara dengan orang saat mereka menunggu pakaian mereka. Tanyakan kepada mereka jika mereka tahu organisasi Anda dan apa yang Anda tawarkan. Lihat bagaimana mereka berbicara tentang pengalaman mereka telah dengan masalah Anda dan mencari tahu apa yang mereka butuhkan untuk membantu mereka menggunakan jasa Anda atau melakukan perilaku Anda mempromosikan. Anda akan terkejut melihat bagaimana orang-orang bersedia untuk berbicara tentang diri mereka dan bagaimana mereka senang untuk diminta pendapat mereka.

2. Segmen audiens Anda.
pemasar yang baik tahu bahwa tidak ada hal seperti menjual kepada masyarakat umum. Pria dan wanita, orang dewasa dan remaja merespon secara berbeda terhadap pendekatan-pendekatan tertentu. Untuk menjadi paling efektif, Anda perlu untuk khalayak target segmen Anda menjadi kelompok-kelompok yang adalah sebagai mirip satu sama lain mungkin dan untuk membuat pesan khusus untuk setiap segmen. atribut khas untuk segmentasi termasuk jenis kelamin, usia, lokasi geografis dan ras / etnis.
Sebagai contoh, daripada menargetkan semua remaja, program pencegahan merokok mungkin fokus pada anak perempuan Afrika Amerika antara usia 12 dan 18 yang tidak pernah merokok. Sebuah program pencegahan merokok untuk pria paruh baya yang mantan perokok akan menggunakan pendekatan yang sangat berbeda. Tentu saja, orang masih sangat bervariasi dalam segmen ini, tetapi lebih spesifik Anda bisa mendapatkan, semakin besar dampak potensial Anda.
Segmen penonton yang ditargetkan tidak selalu orang yang sama alamat kampanyeJika penelitian anda menunjukkan orang yang ingin Anda mencapai lebih cenderung untuk mendengarkan anggota keluarga mereka atau dokter, Anda mungkin memiliki lebih sukses dengan pesan kepada kelompok-kelompok sekunder mendesak mereka untuk berbicara tentang masalah dengan orang yang perilakunya akhirnya Anda ingin berubah. Sebuah organisasi nirlaba mungkin memiliki beberapa penonton yang dibutuhkan ke alamat: nya "pelanggan," lembaga donor, media, pembuat kebijakan dan dewan direksi. Masing-masing kelompok ini membutuhkan strategi pemasaran sendiri.

3. Posisi produk Anda.
Dalam pemasaran sosial, produk kami seringkali sulit untuk mempromosikan karena tinggi "harga.". Produk seperti perilaku dan sikap memerlukan komitmen jangka panjang dan tidak menjual semudah bar sabun atau mobil. Biaya produk pemasaran sosial seringkali termasuk waktu seseorang dan usaha (untuk menghadiri kelas atau layanan menggunakan), pemberian sesuatu yang dia suka (makanan lemak tinggi), malu atau ketidaknyamanan (membeli dan menggunakan kondom), atau ketidaksetujuan sosial (menolak peer tekanan untuk merokokkita perlu mengakui potensi masalah tersebut dan alamat mereka.
Anda menentukan bagaimana orang-orang di audiens target Anda berpikir tentang produk Anda dibandingkan dengan kompetisi.. Sama seperti berbagai merek rokok RUU diri sebagai segar, yang paling menyenangkan, yang paling atletis, yang paling mahal, classiest, atau yang paling feminin, produk Anda perlu diposisikan dalam kaitannya dengan alternatif.
Produk posisi biasanya didasarkan pada baik manfaat dari produk (apa yang akan ia lakukan untuk saya?) atau penghapusan hambatan (bagaimana sulit untuk aku lakukan?). Dengan berbicara tentang produk Anda dengan target audiens, Anda dapat mempelajari manfaat yang mereka nilai paling dan kendala yang mereka meramalkan. Sebagai contoh, perempuan mungkin merasa bahwa menyusui adalah cara untuk ikatan dengan bayi mereka, lebih sehat, dan membuat mereka ibu yang lebih baik. Namun, mereka juga mungkin berpikir bahwa menyusui tidak cocok dengan kehidupan mereka, adalah sulit untuk dilakukan, dan menyakitkan. Dalam kasus ini, sebuah program baik dapat mempromosikan dan memperkuat aspek-aspek positif dari menyusui atau menyediakan cara untuk berkeliling hambatan, dengan menjelaskan cara bekerja menyusui ke dalam jadwal sibuk dan mengajar cara yang tepat untuk melakukannya untuk menghindari ketidaknyamanan.

4. Tahu pesaing Anda.
Di sektor komersial, perusahaan-perusahaan sukses mengawasi setiap langkah pesaing mereka buat. Mereka tahu lingkungan mereka menjual intim dan siap untuk bereaksi secepat perubahan kondisi. pemasar sosial juga perlu menyadari pesan yang bersaing menarik khalayak target mereka. kompetisi produk Anda mungkin akan produk lain, seperti kentang goreng versus buah, atau mungkin kinerja yang tidak bagus dari perilaku Anda mempromosikan; tidak bertindak hampir selalu lebih mudah daripada mengadopsi perilaku baru Produk Anda harus lebih menarik dibandingkan dengan alternatif untuk dapat diterima.
Sama seperti Coke menciptakan strategi pemasaran berdasarkan apa Pepsi lakukan, kita dapat mengambil keuntungan dari taktik pesaing kami untuk mempromosikan produk kita sendiri. Banyak kampanye kesehatan yang berhasil melawan tembakau dan alkohol telah diparodikan rokok terkenal dan slogan bir, membuat iklan yang menarik perhatian kita karena twist baru mereka pada gambar akrab.
faktor lingkungan lain juga dapat mempengaruhi reaksi orang untuk program anda. Politik Perubahan mungkin memerlukan pendekatan baru, berita acara dapat mengubah konteks di mana orang mendengar pesan Anda, dan kerja yang dilakukan oleh organisasi lain di bidang Anda dapat mempengaruhi bagaimana Anda menggambarkan pesan Anda. Anda harus dapat memantau perubahan-perubahan dalam lingkungan dan menyesuaikan program anda sesuai.

5. Pergi ke mana audiens Anda.
Orang tidak akan keluar dari jalan mereka untuk menemukan pesan Anda. Anda harus menempatkan pesan Anda di tempat audiens target Anda akan menghadapi. Ketika Anda berbicara dengan pelanggan Anda, tanyakan kepada mereka di mana mereka mendapatkan berita mereka, apa stasiun radio yang mereka dengarkan, ke mana mereka pergi di waktu luang mereka.
Jika Anda mengetahui bahwa audiens target Anda cenderung untuk membaca koran lokal, menempatkan iklan Anda di sana dan bekerja dengan wartawan bahwa kertas untuk mendapatkan cakupan masalah Anda. Jika orang-orang di audiens Anda adalah orang yang melakukan belanja bahan makanan, bekerja sama dengan supermarket lokal untuk menaruh informasi tentang makan yang sehat di toko mereka. Jika orang yang Anda targetkan seperti jenis musik tertentu, pergi ke konser rock dan pingsan materi Anda. Bawalah van mamografi mobile untuk worksites orang.
Anda dapat penelitian demografi penonton outlet media lokal (misalnya, televisi, radio, surat kabar) dalam rangka untuk mencocokkan karakteristik kelompok sasaran Anda dengan media favorit mereka. Batas hanya untuk mencapai audiens Anda sejauh mana kreativitas Anda.

6. Memanfaatkan berbagai pendekatan.
Program yang paling efektif menggunakan kombinasi dari media massa, masyarakat, kelompok kecil dan kegiatan individu. Ketika sebuah pesan yang sederhana dan jelas ini diulang di berbagai tempat dan format seluruh masyarakat, itu lebih mungkin untuk dilihat dan diingat.
Program pemasaran sosial mungkin berisi iklan televisi dan radio, iklan cetak, acara komunitas, kontes poster, hadiah dari produk atau kupon untuk layanan Anda, hotline bebas pulsa untuk konseling individu atau arahan, atau kelas tentang topik Anda ditawarkan dalam masyarakat. Berbagai pendekatan yang digunakan akan tergantung pada anggaran program anda dan apa yang akan paling efektif dengan target audiens. Tidak peduli apa yang Anda lakukan dalam kampanye Anda, cobalah untuk tetap satu "terlihat" utama dan slogan, atau orang-orang mungkin tidak menyadari semua bagian berasal dari organisasi Anda. Konsistensi dan kontinuitas merupakan kunci untuk kampanye sukses.

7. Gunakan model yang bekerja.
Seperti bidang apapun, sosial pemasar program-program desain menggunakan model yang paling efektif dan berguna yang tersedia bagi mereka. Dalam satu model yang menggabungkan elemen dari beberapa teori kesehatan mapan perilaku ("Tahapan Perubahan"), orang bergerak melalui beberapa langkah dalam kontinum sebelum mengadopsi perilaku baru.
Pada tahap pertama, precontemplation, seseorang mungkin tidak merasa berisiko untuk kondisi atau berpikir perilaku yang relevan padanya. Orang-orang pada tahap pertama ini harus dibuat sadar akan masalah dan faktor-faktor risiko yang mungkin untuk pindah ke tahap berikutnya, kontemplasiUntuk pindah dari kontemplasi ke tindakan, pesan harus mempromosikan manfaat dari melakukan perilaku dan meminimalkan biaya yang dirasakanPada tahap ini, perilaku harus digambarkan sebagai sesuatu yang banyak orang lain lakukan dan setuju dengan; pesan keterampilan-bangunan dan demonstrasi dari perilaku oleh orang lain yang mirip dengan sendiri akan membantu mereka pindah ke tindakan. Begitu mereka telah mencoba perilaku, tahap terakhir dan seringkali yang paling sulit adalah pemeliharaan. Motivasi dan pesan penguat yang diperlukan untuk mencegah kambuh ke tahap kontemplasi.
Model ini menyediakan kerangka kerja yang berguna untuk segmentasi target audiens. A Suatu program dapat alamat orang di setiap tahap selama periode waktu atau hanya memilih orang-orang pada tahap tertentu dari proses tersebut.

8. Uji, uji, uji.
Seluruh produk, materi promosi, dan jasa Anda mengembangkan program Anda harus diuji dengan audiens target Anda untuk mengukur efektivitas potensi mereka. pemasaran sosial mengakui bahwa pelanggan adalah para pakar tentang apa yang terbaik untuk mereka. Bahkan pikiran terbaik di Madison Avenue menguji gagasan mereka dengan konsumen mereka (dan akibatnya menghindari banyak menghabiskan uang pada konsep yang tidak bekerja).
Salah satu metode yang paling terkait dengan pemasaran sosial adalah kelompok fokus. Hal ini melibatkan menyatukan 8 sampai 12 orang dengan karakteristik tertentu yang relevan dengan program tersebut dan memimpin mereka melalui diskusi terfokus pada topik tertentu. Kelompok fokus bisa digunakan untuk belajar bagaimana orang-orang dalam kelompok sasaran berpikir tentang masalah dan mengapa, bahasa yang mereka gunakan untuk berbicara tentang masalah ini, dan reaksi mereka untuk pesan, atau materi Anda mengembangkan.
Survei adalah metode yang lebih digeneralisasikan untuk mengetahui pengetahuan masyarakat, sikap dan perilaku mengenai topik tertentu. Mereka bekerja dengan baik bila Anda memiliki pertanyaan yang sangat spesifik yang tidak memerlukan responden untuk menjelaskan jawaban mereka (misalnya, "ya" atau "tidak" pertanyaan). Ini tidak harus sangat rumit, tetapi memerlukan perawatan dalam administrasi dan interpretasi.

9. Membangun kemitraan dengan sekutu kunci.
Sama seperti kekuatan paduan suara berasal dari serikat nya banyak suara, pesan yang kuat memerlukan kelompok seluruh masyarakat untuk bersama-sama dalam upaya terkoordinasi. Organisasi yang peduli dengan masalah Anda bisa menyanyi melodi bersama dengan Anda, sedangkan kelompok lain - media, sekolah, bisnis, instansi pemerintah - dapat memberikan harmoni, melengkapi usaha Anda melalui keterlibatan mereka. Dengan penyatuan sumber daya dengan organisasi lain yang bekerja menuju tujuan yang sama, Anda dapat memiliki dampak yang lebih besar serta akses ke pemirsa baru.
Membangun hubungan dengan orang-orang kunci dan organisasi yang memiliki potensi untuk menarik perhatian dan kredibilitas untuk program andaAnda dapat mengembangkan hubungan yang menguntungkan dengan para wartawan yang meliputi masalah Anda di media utama; cerita pitch kepada mereka dengan sudut berita segar, menyediakan mereka dengan lembar fakta atau daftar ahli mereka dapat menghubungi untuk kisah mereka, dan akan tersedia ketika mereka meminta informasi Sertakan politisi lokal Anda dalam aktivitas untuk membantu mereka memahami dan mendukung masalah Anda. usaha Undangan untuk mensponsori proyek Anda, bertukar publisitas perusahaan yang positif untuk dukungan keuangan merekasekutu potensial lainnya termasuk asosiasi profesi, organisasi pelayanan lokal (misalnya, Kiwanis, Rotary Club), kelompok agama dan koalisi masyarakat yang ada.

10. Lihat apa yang dapat Anda lakukan waktu mendatang yang lebih baik.
Landasan pemasaran sosial adalah evaluasi - menentukan apa yang Anda capai sehingga Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan program Anda. Evaluasi terjadi sepanjang proses pemasaran sosial.. Saat Anda mengembangkan program anda, anda perlu menguji dan menyempurnakan pesan Anda atau produk dengan anggota kelompok sasaranKetika program ini dilaksanakan, anda perlu memonitor kegiatan untuk menilai apakah mereka terjadi seperti yang direncanakan. Berapa banyak brosur disebarkanBerapa banyak media "hits", atau menyebutkan dari program Anda, apakah Anda mencapai? Apakah orang-orang dalam audiens target Anda orang-orang yang menggunakan program Anda? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan memberitahu Anda apakah Anda perlu melakukan penyesuaian saat Anda memiliki kesempatan untuk melakukannya.
Pertanyaan besar, meskipun, adalah: Apakah Anda membuat perbedaan? Ada dua cara ini dapat dijawab. Salah satunya adalah dengan melihat apakah anggota kelompok sasaran yang terlibat dalam perilaku yang diinginkan sebagai hasil dari program ini. Hal ini dapat ditentukan secara kuantitatif melalui penelitian survei dengan orang-orang yang berpartisipasi dalam program ini atau yang terkena pesan.
Cara kedua membutuhkan perspektif jangka panjang, menyelidiki apakah melakukan perilaku yang disebabkan perubahan yang diinginkan (misalnya, penurunan mortalitas yang terkait dan / atau morbiditas). Dampak sebenarnya dari program pemasaran sosial sulit untuk menilai secara akurat. Dapatkah pengumuman layanan publik mengurangi angka kematian akibat penyakit jantung? Mungkin tidak, tetapi banyak upaya-upaya tersebut dapat menggabungkan secara sinergis dari waktu ke waktu. Satu-satunya cara untuk membentuk suatu hubungan sebab-akibat antara program pemasaran sosial dan perubahan perilaku dan hasil kesehatan adalah untuk melakukan studi intervensi masyarakat. Di tingkat apa pun Anda melakukan evaluasi, informasi yang diperoleh harus digunakan untuk meningkatkan program anda di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apa pendapat anda tentang blog ini....